Manfaat Penting Mengonsumsi Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh Anda

 https://www.shareinfosehatku.my.id/2023/07/manfaat-penting-mengonsumsi-buah-jeruk.html

Buah dan sayur ini adalah makanan wajib yang harus kita konsumsi setiap hari dengan rutin. Mengkonsumsi buah dan sayur ini akan sangat membantu tubuh kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya. Salah satu buah yang tidak boleh kita lewatkan sebagai menu tambahan makanan kita ini adalah buah jeruk.

Gimana buah jeruk selain harganya murah, rasanya manis dan terasa menyegarkan saat dikonsumsi. Setelah makan, ternyata buah jeruk memiliki banyak manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh, seperti:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi
Jadi bagi Anda yang menderita darah tinggi, buah jeruk sangat baik anda konsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang sedang anda alami. Hal ini karena kandungan kalium dalam buah jeruk sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Menurunkan kolesterol jahat
Menjadi kandungan serat yang tinggi dalam buah jeruk ini sangat membantu untuk menurunkan penyerapan kolesterol dalam saluran cerna. Sehingga hal ini akan menyebabkan kadar kolesterol jahat yang berlebihan dalam tubuh anda menjadi turun oleh karena itu sangat cocok bila anda makan buah jeruk setelah makan makanan yang berlemak.

3. Menjaga kesehatan jantung  
Serat dalam buah jeruk ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat. Buah jeruk ini juga bermanfaat untuk detoksifikasi lever sehingga kadar LDL atau kolesterol jahat ini bisa diturunkan. Jadi dengan menurunnya kadar kolesterol jahat dan tingginya kandungan antioksidan dalam buah jeruk ini sangat bermanfaat untuk mencegah pembentukan plak atau sumbatan dalam pembuluh darah di jantung yang akan menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner atau serangan jantung yang mematikan.

4. Mencegah terjadinya penyakit batu ginjal
Jadi kandungan asam sitrat dalam buah jeruk ini dipercaya berkhasiat mencegah pembentukan batu di dalam ginjal. Jadi dengan banyak minum air putih dan sering mengkonsumsi buah jeruk ini diharapkan bisa membantu Anda menurunkan risiko terkena penyakit batu ginjal.

5. Melancarkan susah buang air besar
Kandungan serat yang tinggi dalam buah jeruk yaitu sekitar 2,4 gr/100 gr buah jeruk ini sangat bermanfaat untuk membantu buang air besar anda menjadi lebih lancar. Anda bisa coba konsumsi 1- 2 buah jeruk ukuran sedang saat Anda makan pagi makan siang dan makan malam untuk mengatasi susah buang air besar.

6. Mencegah diabetes
Jadi konsumsi makanan berserat tinggi seperti buah jeruk setiap hari ini bisa membantu kita mencegah timbulnya penyakit diabetes. Makanan yang berserat ini akan membantu kita kenyang lebih lama sehingga mengurangi asupan karbohidrat dari sumber lain saat kita makan makanan ringan. 
 
Selain itu buah jeruk ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya inflamasi kronis penyebab terjadinya penurunan sensitifitas reseptor insulin.

7. Menjaga kesehatan tulang
Jadi kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk ini juga bisa membantu penyerapan kalsium dan vitamin D menjadi lebih optimal. Oleh sebab itu mengkonsumsi jeruk secara rutin bisa menjaga kesehatan tulang Anda.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan penyakit
Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah jeruk ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh guna mencegah tertular dari penyakit infeksi. Selain itu mengkonsumsi buah jeruk saat demam, batuk, pilek. Ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan dari penyakit tersebut.

Jadi itulah beberapa manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.