6 Cara Meningkatkan Kesehatan Emosional Anda Dan Menjaga Kehidupan Seimbang

https://www.shareinfosehatku.my.id/2023/08/6-cara-meningkatkan-kesehatan-emosional.html

Menjadi sehat secara emosional tidak berarti seseorang selalu bahagia. Itu berarti Anda sangat menyadari emosi Anda. Anda dapat menghadapinya, apakah itu positif atau negatif. Fakta Kunci WHO menyatakan bahwa efek dari tidak menangani masalah kesehatan mental remaja berlanjut hingga dewasa, merusak kesehatan fisik dan psikologis, dan membatasi kesempatan untuk menjalani kehidupan yang bermakna sebagaimana iklan.

Kami sangat menjaga kesehatan fisik kami dengan makan yang benar dan berolahraga. Namun, Cara meningkatkan kesehatan emosional Anda dan mempertahankan keseimbangan hidup. Kita gagal menyadari bahwa menjaga kesejahteraan emosional kita sama pentingnya dengan menjaga tubuh fisik kita.  

Orang yang sehat secara emosional dan mengendalikan pikiran, perasaan, dan perilakunya dapat dengan mudah mengatasi kemunduran dalam hidup. Mereka dapat menjaga masalah tetap dalam perspektifnya dan bangkit kembali dari kemunduran dengan mudah. Mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan memiliki hubungan yang baik.

Menjadi sehat secara emosional tidak berarti seseorang selalu bahagia. Itu berarti Anda sangat menyadari emosi Anda. Anda bisa menghadapinya, apakah itu positif atau negatif. Fakta kunci WHO menyatakan bahwa efek dari tidak menangani masalah kesehatan mental remaja berlanjut hingga dewasa, merusak kesehatan fisik dan psikologis, dan membatasi kesempatan untuk menjalani kehidupan yang bermakna sebagai orang dewasa.

Penelitian oleh psikolog klinis New York City menyatakan bahwa jauh lebih mudah untuk mengatasi naik turunnya kehidupan dan peristiwa yang lebih penting ketika seseorang merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Bahkan ketika hidup seimbang, dan semuanya berjalan lancar dan efisien, ada saatnya kita merasa kewalahan, saat kita tahu kita harus berhenti dan berjuang untuk keseimbangan yang lebih besar. Sulit untuk terus berjalan. Namun, jangan stres jika Anda berada dalam posisi tersebut; Anda pada akhirnya akan mencapai sana dan mencapai tujuan Anda.

Menjaga keseimbangan dalam hidup terlihat berbeda untuk setiap orang. Kita semua mempunyai preferensi keseimbangan yang berbeda-beda, variabel-variabel berbeda yang kita tangani, tingkat toleransi ketidakseimbangan yang berbeda-beda, dan sumber daya yang berbeda-beda. Di bawah ini adalah beberapa ide penyeimbangan berbeda yang membantu Anda menjaga keseimbangan dan mencapai kesehatan emosional yang baik.

Berlatih dan mengerjakan regulasi emosional

Emosi mendapatkan sisi terbaik dan terburuk dari diri Anda, namun secara bertahap belajar menanganinya secara efektif melalui strategi penanggulangan dapat membantu dalam jangka panjang. Cari tahu strategi mana yang cocok untuk Anda dan mana yang tidak. Ada dua jenis strategi penanggulangan: Strategi berfokus pada emosi dan strategi berfokus pada masalah.

Mengatasi masalah berbasis membantu Anda mengubah situasi dengan menghilangkan hal yang membuat stres dari hidup Anda. Misalnya, Anda tidak mendapat nilai bagus dalam mata pelajaran favorit Anda selama ujian tengah semester, dan Anda terkejut dengan hal ini karena Anda mengira Anda berprestasi baik. 

Strategi yang berfokus pada masalah adalah menemui guru yang bersangkutan dan membicarakan tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja Anda. Anda mengembangkan rencana yang jelas yang akan membantu Anda berbuat lebih baik, dan Anda mulai merasa lebih percaya diri tentang kemampuan Anda untuk berhasil dengan baik dalam ujian akhir semester.

Mengatasi emosi membantu Anda menjaga perasaan ketika Anda tidak ingin mengubah situasi atau ketika keadaan berada di luar kendali Anda. Misalnya, jika Anda sedang berduka karena kehilangan orang yang Anda kasihi, sangatlah penting untuk menjaga perasaan Anda dengan cara yang sehat karena Anda tidak dapat mengubah keadaan. Tidak selalu ada satu cara terbaik untuk melanjutkan. Sebaliknya, terserah pada Anda untuk memutuskan keterampilan mengatasi masalah mana yang paling cocok untuk Anda dalam situasi tertentu.

Berlibur

Dalam film Ferris Buller's Day Off, diperlihatkan bagaimana seorang siswa SMA memanfaatkan harinya dengan maksimal. Saya yakin kita semua bisa memahami betapa pentingnya mengambil satu hari libur dari tekanan atau kehidupan yang monoton dan melakukan apa pun untuk menjadikannya bermanfaat. 

Anda dapat menikmati hobi favorit Anda, bertemu teman lama Anda, menghabiskan waktu di Netflix menonton serial yang selalu ingin Anda tonton, atau apa pun yang terasa pas, damai, dan memuaskan.

Kelola waktu Anda secara efisien dengan menetapkan tujuan

Jadwal dapat dipertahankan, dan tujuan dapat ditetapkan untuk minggu itu. Saat seseorang mencoret tugas-tugas yang harus dilakukan, ada rasa pencapaian yang besar yang akan membantu mengurangi stres dan meningkatkan kepercayaan diri.

Mempraktikkan perhatian

Perhatian penuh dianggap sebagai praktik kuno. Ini adalah menyadari sepenuhnya apa yang terjadi saat ini dan terjadi di dalam dan di sekitar Anda. Ide utamanya adalah untuk tidak menjalani hidup Anda dalam mode autopilot tetapi menjadi orang yang lebih sadar.

Inilah cara Anda dapat melatih kesadaran:

* Latih pernapasan dalam secara teratur.
Berfokus pada napas Anda meningkatkan konsentrasi dan motivasi.

* Tanamkan kebiasaan berjalan:
Saat seseorang berjalan dan memperhatikan pemandangan dan suara di sekitar, banyak pikiran memasuki pikiran. Praktik yang penting adalah mencatatnya tetapi kemudian kembali ke masa kini.

* Mempraktikkan pola makan yang penuh perhatian:
Ini termasuk menyadari rasa, tekstur, dan aroma serta berhenti saat Anda merasa kenyang, dan bahkan mendengarkan tubuh Anda dan bertindak saat Anda lapar.

Perkuat koneksi Anda secara sosial

Tautan sosial membantu Anda melindungi kesehatan dan memperpanjang hidup. Dipercaya secara luas bahwa hubungan yang baik dengan orang lain dapat berdampak kuat pada kesehatan kita, baik secara emosional maupun fisik. Apakah itu dengan pasangan romantis, keluarga, teman, tetangga, atau orang lain, hubungan sosial dapat secara langsung memengaruhi biologi dan kesejahteraan kita.

Ingatlah poin baik Anda

Kita semua memiliki kekuatan dan kelemahan, dan tidak ada dari kita yang sempurna juga. Sangat mudah untuk berpikir bahwa orang lain lebih berbakat, lebih sukses, dan memiliki lebih banyak peluang daripada kita ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai keinginan kita. Apa pun kelihatannya di permukaan, tidak mungkin mengetahui bagaimana perasaan seseorang di dalam. 

Seseorang harus mengingatkan diri sendiri tentang hal-hal yang Anda lakukan dengan baik dan terbaik, pada akhirnya menyeimbangkan pemikiran kritis tentang diri Anda. Ingatlah bahwa Anda penting, dan menjaga kesehatan emosional Anda dengan baik pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Belakangan ini, akibat pandemi, kesehatan mental merosot secara signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa kecemasan dan depresi sedang meningkat pada populasi umum, dengan satu dari tiga orang mengalami kecemasan dan satu dari lima mengalami gangguan tidur dan gejala depresi. Tidak dapat dihindari bagi manusia untuk merasa sedih, cemas, tertantang, frustrasi, atau sekadar kewalahan dan tidak mampu menghadapi masa-masa yang tidak pasti ini.

Kebutuhan saat ini adalah menjadi sehat secara emosional, stabil secara mental, dan mengembangkan strategi penanggulangan yang lebih baik. Anda dapat memperoleh kebahagiaan dan kesehatan holistik yang selalu Anda dambakan. Mendapatkan pemeriksaan mendalam tentang kesehatan mental Anda akan membantu Anda menjelajahi area yang perlu Anda kerjakan. Anda kemudian dapat mengakses alat bantu mandiri atau memesan sesi dengan terapis yang dapat membantu Anda menuju jalur kesejahteraan mental. Semoga bermanfaat.